• Beranda | #TEAMCIMBNIAGA | Highlight



HIGHLIGHT



SAATNYA BERGERAK WUJUDKAN CITA-CITA
NASABAH DAN MASYARAKAT!

JANGAN HANYA KEJAR TARGET, MULAI SEKARANG KITA JUGA HARUS LEBIH MEMBERI MANFAAT UNTUK NASABAH DAN MASYARAKAT.


SEPERTI APA KITA pada lima tahun ke depan? Sebuah pertanyaan yang akan sulit dijawab jika kita tidak punya target—dalam hal apa pun. Apalagi di tengah dunia VUCA seperti saat ini. Tahu, kan, VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) adalah istilah untuk menyebutkan kondisi global sekarang ini. Akibat perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat, maka banyak hal berubah sangat cepat, tidak terduga, dipengaruhi banyak faktor yang sulit dikendalikan, dan kebenaran serta realitas menjadi sangat subjektif.

Nah, dengan melihat hal tersebut, CIMB Niaga merancang sebuah rencana strategi untuk mempercepat pertumbuhan dan mempersiapkan perusahaan dalam menghadapi masa depan (utamanya hingga 2030) sembari memperkuat tujuan utamanya yaitu memajukan pelanggan dan masyarakat. Strategi ini dinamakan Forward30: Advancing Customers and Society.

Forward30 akan menjadi panduan bagi CIMB Niaga untuk bersaing dan memimpin pasar di tengah tren pesatnya perkembangan zaman yang makin kompleks, dengan mengoptimalkan modal dan sumber daya, dan tetap menempatkan nasabah sebagai prioritas utama. Dengan begitu, kita sebagai karyawan CIMB Niaga diharapkan untuk selalu menyisipkan misi membantu nasabah dan masyarakat dalam mewujudkan mimpi dan cita-cita mereka.

Dalam menjalankan strategi Forward30, perusahaan berpedoman pada langkah-langkah yang dirangkum dalam formula 4C, yaitu:

• CAPITAL: Mengoptimalkan modal dan sumber daya untuk mendorong efisiensi dan pertumbuhan.
• CASH: Meningkatkan profitabilitas CASA berbiaya rendah melalui perbankan transaksi.
• CROSS-SELL: Memperdalam hubungan dengan nasabah dan mendorong penjualan silang untuk meningkatkan pendapatan sekaligus memenuhi kebutuhan nasabah.
• CAPABILITIES: Meningkatkan kapabilitas untuk menciptakan pengalaman yang lebih sederhana, lebih baik, dan lebih cepat (simple, better, faster); memodernisasi teknologi perbankan; dan mewujudkan efektivitas dan efisiensi dari data dan AI (artificial intelligence).

Nah, sebagai #teamCIMBNiaga, kita bisa membantu perusahaan dalam menerapkan 4C tersebut dengan menjalankan tugas kerja di direktorat masing-masing berdasarkan hal-hal ini:
Berpedoman pada nilai-nilai EPICC.
Dampak yang akan dihasilkan melalui sikap dan tindakan kita.
Menerjemahkan tujuan sebagai hasil kerja yang bermakna.
Mendorong rekan-rekan kerja untuk bersama-sama mencapai tujuan.


PENERAPAN NYATA


Lantas, bagaimana penerapan yang bisa kita lakukan dalam pekerjaan sehari-hari? Ini dia contohnya:

1. UTAMAKAN KEBUTUHAN NASABAH. Tidak hanya melayani apa yang nasabah inginkan, tapi pahami juga kebutuhan finansial mereka, sehingga kita tahu produk atau layanan mana yang pas untuk mereka.
2. BERIKAN SOLUSI KEUANGAN YANG RELEVAN. Dengan memahami profil finansial nasabah, kita juga bisa menawarkan berbagai solusi lain yang sesuai dengan profil risiko mereka. Tentu dengan misi membantu nasabah mewujudkan masa depan mereka.
3. MENJADI ‘PENASIHAT KEUANGAN’ TEPERCAYA. Kita bisa aktif memberikan literasi keuangan kepada nasabah melalui berbagai media seperti WhatsApp, Instagram, dan mini seminar di kantor cabang.
4. JAGA ETIKA DAN INTEGRITAS. Kita selalu bekerja dengan mengutamakan kepentingan nasabah serta senantiasa mematuhi regulasi OJK dalam setiap menawarkan produk dan layanan perbankan.
5. TURUT BERKONTRIBUSI DI TENGAH MASYARAKAT. Ini bisa kita lakukan dengan me ngi kuti berbagai program CSR (Corporate Social Responsibility) yang diinisiasi oleh CIMB Niaga.
6.BEKERJA DENGAN MAKNA. Selalu bekerja dengan menerapkan nilai-nilai yang sudah digaungkan oleh perusahaan, seperti EPICC dan WorkFromHeart.

Jadi, dengan semangat Forward30, mulai hari ini mari kita niatkan diri kita untuk tidak hanya melayani nasabah, tapi juga membantu mereka mewujudkan masa depan yang lebih bermakna. Tidak hanya mengejar target kerja, namun juga memberikan nilai untuk nasabah, dan lebih luas lagi, memberi dampak positif bagi masyarakat.



HIGHLIGHT



Baca PORTRAIT #76 - Agustus 2025

klik/tap pada gambar untuk membaca versi PDF

Ed.76 Agustus 2025

MODEL COVER
(KI-KA)

GUSTI AYU AMANDA GITA SARASWATI - IT & Operation, IG @amndagitaaa
GABRIELLA GINTING - Compliance, Corporate Affair & Legal, IG @geegeb
ANDREAS REVORTA - Business (Commercial) Banking, IG @andreasrevorta

FOTOGRAFER
HONDA TRANGGONO
STYLISH
MOCHAMAD AJI UNTUNG SUROPATI


eportrait.internal

eportrait.cimbniaga.co.id



BACK EDITION

#75 - Juli/25

#74 - Juni/25

#73 - Mei/25

#72 - Apr/25

#71 - Mar/25

#70 - Feb/25

#69 - Jan/25

#68 - Des/24

#67 - Nov/24

#66 - Okt/24

#65 - Sep/24

#64 - Agu/24

#63 - Jul/24

#62 - Jun/24

#61 - Mei/24

#60 - Apr/24

#59 - Mar/24

#58 - Feb/24

#57 - Jan/24

#56 - Des/23

#55 - Nov/23

#54 - Okt/23

#53 - Sep/23

#52 - Agu/23

#51 - Jul/23

#50 - Jun/23

#49 - Mei/23

#48 - Apr/23

#47 - Mar/23

#46 - Feb/23

#45 - Jan/23

#44 - Des/22

#43 - Nov/22

#42 - Okt/22

#41 - Sep/22

#40 - Agu/22

#39 - Jun/22

#38 - Mei/22

#37 - Apr/22

#36 - Mar/22

#35 - Feb/22

#34 - Jan/22

#33 - Des/21

#32 - Nov/21

#31 - Okt/21

#30 - Sep/21

#29 - Agu/21

#28 - Jul/21

#27 - Jun/21

#26 - Mei/21

#25 - Apr/21

#24 - Mar/21

#23 - Feb/21

#22 - Jan/21