#TEAMCIMBNIAGA
LITERASI KEUANGAN UNTUK ANAK MENENTUKAN PERILAKU FINANSIAL MEREKA DI MASA DEWASA. DUKUNG INISIASI CIMB NIAGA, YUK!
TAHU, KAN, KALAU TANGGAL 23 JULI NANTI kita memperingati Hari Anak Nasional? Nah, ini akan menjadi momen yang tepat untuk mengingatkan kita semua tentang pentingnya literasi keuangan untuk anak. Tentu, tujuannya untuk membentuk perilaku finansial yang sehat pada masa depan anak.
Pernah dengar istilah doom spending, yang banyak dilakukan oleh gen Z sekarang ini, kan? Ini adalah kebiasaan membelanjakan uang secara impulsif. Biasanya hal ini dipicu oleh aktivitas di media sosial dan marketplace yang membuat mereka tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tentu kita tidak mau anak-anak atau keponakan kita menjadi seperti itu ketika dewasa nanti. Maka, di sinilah pentingnya penguatan literasi keuangan untuk anak. Dengan memberikan edukasi tentang konsep dasar uang, menabung, dan mengelola keuangan sejak dini, anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi dewasa yang pintar dan bijak mengatur keuangannya.
Literasi keuangan untuk anak Indonesia juga menjadi salah satu kepedulian CIMB Niaga, loh. Lewat sejumlah inisiasinya, bank kita tercinta ini mengajak anak-anak (dan generasi muda) untuk mencintai uang dan mengelolanya dengan bijak. Yuk, kita bahas satu per satu:
TOUR DE BANK (TDB)
Ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) di bawah pilar pendidikan. CIMB Niaga memberikan edukasi kepada para siswa SD dari beberapa sekolah tentang pentingnya menabung sejak dini serta memberikan pengalaman langsung kepada mereka dalam mengenal dunia perbankan. Melalui pendekatan interaktif, kepada mereka akan dijelaskan langsung mengenai layanan teller, customer service, hingga penggunaan ATM.
Hingga 2024 lalu, program TDB yang telah berlangsung sejak 2011 ini berhasil menjangkau 22.370 siswa SD dari 404 sekolah di 47 kota di Indonesia. Dan tentunya angkanya akan terus bertambah seiring waktu.
AYO MENABUNG DAN BERBAGI (AMDB)
Jika TDB menyasar siswa SD, AMDB membidik siswa SMP dan SMA, termasuk para tenaga pendidik. Program ini dilaksanaan untuk memperkaya pengetahuan para siswa tentang perencanaan keuangan, perbankan digital, hingga keamanan bertransaksi. Dalam program ini dipilih juga para Duta Literasi Keuangan untuk mensosialisasikan materi literasi keuangan kepada pelajar lain yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan AMDB. Sejak diluncurkan pada 2019, AMDB berhasil menjangkau 74.369 siswa SMP dan SMA dari 631 sekolah di 68 kota di Indonesia.
Untuk tahun 2025, CIMB Niaga telah siap menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan di 22 kota dengan target 9.000 siswa dari 70 sekolah. Wilayah Jawa Timur akan menjadi pusat kick off program 2025 dengan kota-kota seperti Malang, Surabaya, Banyuwangi, dan Kediri menjadi lokasi utama.
OCTO Saver Jr.
Sudah pasti banyak #teamCIMBNiaga tahu yang satu ini. Ya, meski merupakan produk perbankan berupa tabungan, OCTO Savers Junior memiliki misi literasi, yaitu mengajarkan anak-anak dan remaja tentang pentingnya menabung dan mengelola keuangan sejak dini. Karena itu selain memiliki fitur-fitur menarik, OCTO Savers Jr. juga dilengkapi dengan edukasi keuangan yang interaktif untuk membantu mereka memahami konsep dasar keuangan dan pentingnya perencanaan masa depan. Menarik, ya.
Syarat untuk membuka tabungan OCTO Savers Jr. ini mudah. Hanya dengan menunjukkan KTP orang tua dan KIA anak, serta melakukan setoran awal Rp20.000. Tapi akses anak terhadap e-channel (OCTO Mobile/OCTO Clicks) terbatas, dan hanya bisa bertransaksi dengan Kartu Debit OCTO Savers Jr. Cakepnya lagi, OCTO Savers Jr. juga bekerja sama dengan berbagai merchant dan bimbel dalam memberikan program-program eksklusif.
BANTUAN PENDIDIKAN
Selain untuk masyarakat umum, CIMB Niaga juga menginisiasi program literasi anak untuk kalangan internal karyawan, berupa bantuan pendidikan untuk karyawan berprestasi. Para karyawan berprestasi yang terseleksi akan mendapatkan bantuan pendidikan untuk anak mereka, khususnya untuk jenjang SMA dan yang sederajat serta D3 dan S1.
Menariknya, edukasi keuangan disisipkan dalam program ini melalui salah satu syarat penerima bantuan. Anak karyawan yang diajukan wajib membuat video kreatif-edukatif berdurasi 2-3 menit dengan berbagai pilihan tema, salah satunya tentang keuangan. Dari proses pembuatan video inilah anak akan belajar tentang keuangan.
Beberapa inisiasi ini diharapkan menjadi kontribusi berarti CIMB Niaga dalam membangun pemahaman keuangan yang lebih baik di masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja. Hal ini sejalan dengan target pemerintah untuk mencapai tingkat inklusi keuangan sebesar 98% pada tahun 2045. Kita dukung, yuk!
Ed.75 - Juli 2025
Magni7even
Cover Story
Highlight
CX & P Corner
D & I Spot
Zoom In
EPICC Stories
S-Flash
MODEL COVER
(KI-KA)
FARIS ABRAR FIRDAUS - Human Resources, IG @Borisabr
MICHEL ASPARIDO - Business Banking, IG @michel.asparido
MARISSA NUR ESKANALUWA - Syariah Banking, IG @eskanaluwa
FOTOGRAFER
BOBO FIRMANSYAH
STYLISH
MOCHAMAD AJI UNTUNG SUROPATI
eportrait.internal
eportrait.cimbniaga.co.id