#TEAMCIMBNIAGA
TERKADANG, PERUBAHAN DIMULAI DARI TINDAKAN SEDERHANA NAMUN BERDAMPAK BESAR. INILAH KISAH EPICC DARI TIM CABANG SURABAYA DIPONEGORO.
BERAWAL DARI PROSES pembukaan rekening yang tampak rutin, Dinda Mentari, Customer Service CIMB Niaga Cabang Surabaya Diponegoro, menunjukkan ketelitian dan keberanian untuk berpikir kritis. Saat melayani seorang calon nasabah yang ingin membuka rekening giro perusahaan, Dinda menyadari adanya hal yang janggal. Dari hasil KYC (know your customer, proses identifikasi dan verifikasi untuk mengenali nasabah) dan gestur nasabah, muncul indikasi bahwa tujuan pembukaan rekening adalah untuk menerima transfer dana tanpa kejelasan sumber, alias rekening penadahan.
Meskipun hasil screening AML (anti money laundering — anti pencucian uang) awal menunjukkan status clear, Dinda tidak berhenti di situ. Ia memeriksa lebih dalam dan menemukan bahwa Nomor Induk Berusaha (NIB) calon nasabah tidak terbaca di sistem OSS. Ketika nasabah tidak dapat memberikan penjelasan yang meyakinkan, Dinda segera melakukan eskalasi kepada Branch Operations & Service Manager (BOSM) Nugroho Sunu Wicaksono dan tim terkait.
DINDA MENTARI - Customer Service
Tindakan cepat dan koordinasi solid membuat cabang ini memutuskan untuk tidak melanjutkan pembukaan rekening dan melaporkan kasus tersebut ke sistem AML. Beberapa waktu kemudian, informasi yang diterima membenarkan bahwa calon nasabah tersebut ternyata merupakan pelaku tindak kejahatan keuangan.
Langkah kecil yang dilakukan Dinda dan Sunu ini menjadi bukti nyata bahwa setiap individu bisa menjadi agen perubahan yang menjaga integritas, mendorong budaya kepatuhan, dan melindungi reputasi bank. Lebih dari sekadar kepatuhan, tindakan ini juga mencerminkan semangat Advancing Customers and Society, di mana CIMB Niaga berkomitmen membantu nasabah mewujudkan mimpi dan aspirasinya dengan cara yang benar dan beretika.
Dengan bekerja dari hati (Work from Heart), tim Cabang Surabaya Diponegoro memastikan setiap langkah yang diambil bukan hanya melindungi bank, tapi juga menjaga kepercayaan masyarakat agar dunia perbankan tetap aman dan berintegritas.
NUGROHO SUNU WICAKSONO - Branch Operations & Service Manager (BOSM)
Ed.79 - November 2025
Magni7even
CIMB Niaga Icon
Highlight
CX & P Corner
D&I Spot
Zoom In
EPICC Stories
S-Flash
SHINE Corner
MODEL COVER: (KI-KA)
KARTIKA CAROLINA - Strategy, Finance & SPAPM, IG@tika_carol
TRIYOGO HARIES SANJAYA - Human Resources
SARY ANGGARWATI - Group Corporate Assurance, IG@saryanggarwati
FOTOGRAFER
MOCHAMAD TOPANDI
STYLISH
SUSI & MATW
eportrait.internal
eportrait.cimbniaga.co.id