• > #teamCIMBNiaga | Pojok CINTA

  • EDISI 52

    Agustus 2023


TINA TRESNAWATI OLEH
TINA TRESNAWATI
CoE Corporate Assurance

Kenalkan, 'Saudara' AI Bernama
MACHINE LEARNING


Tahukah Rekan-rekan, ada satu cabang AI yang menarik untuk dipelajari, yaitu machine learning.


Pojok CINTA
ILUSTRASI: Freepik.com
MACHINE LEARNING (ML) atau pembelajaran mesin adalah sebuah mesin AI yang dikembangkan menggunakan algoritma khusus, sehingga bisa belajar sendiri dan menghasilkan output berupa kesimpulan dari data-data yang dipelajari. Dengan begitu bisa memberikan sebuah prediksi dengan sangat akurat dan bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Pada prinsipnya, AI dan ML tidak menggantikan pekerjaan manusia. Keduanya difungsikan untuk menyelesaikan ragam pekerjaan yang mudah dan repetitif sementara manusia bisa lebih fokus menangani persoalan-persoalan yang lebih kompleks. Sebagai contoh pada pekerjaan customer service, AI pada chatbot dapat membantu manusia untuk menjelaskan prosedur yang mudah seperti blok kartu, mengecek saldo, melihat status aplikasi nasabah, dan sebagainya. Sementara customer service dapat fokus pada pekerjaan yang lebih kompleks misalnya memutuskan corporate loan dan menganalisa profil risiko nasabah.

Inilah beberapa use case yang dapat memanfaatkan teknologi AI dan ML:

1. Chatbot dan virtual assistant. Bank mempergunakan chatbot (semacam layanan text) dan voice bots (dengan suara) untuk menangani masalah nasabah.
2. Profiling nasabah. Bank dapat melakukan komunikasi dan mengambil keputusan berdasarkan profil detail setiap nasabah, sehingga mampu mengukur seberapa besar potensi calon nasabah untuk memperoleh kredit baru dan bisa menentukan rating terkait seberapa lancar pembayaran kredit seseorang.
3. Menyederhanakan proses. Proses yang sifatnya “low value” dan repetitif dapat diserahkan kepada AI dan ML. Contohnya adalah penggunaan Robotic Process Automation (RPA).
4. Mendeteksi pola. AI dan ML dapat mendeteksi pola dan anomali terkait transaksi yang terindikasi fraud, money laundering, mendeteksi kesalahan operasional dan kesalahan sistem.

Pada era digital sekarang ini, kita harus terus mengembangkan keterampikan dan pengetahuan teknologi AI dan ML perbankan yang mengandalkan business rule dalam berbagai prosesnya dan harus memanfaatkan teknologi tersebut agar lebih efektif dan efisien untuk memperkuat bisnis perbankan.

Contents

Agustus 2023

EDISI
52

MODEL COVER(ki-ka):
TISA MAULIKA – Network & Digital Banking, IG @tisalika; RIO HUDA SAPUTRA – Network & Digital Banking, IG @riohuda; YUMNA NABILAH – Development Program, IG @ynanabila

BACK EDITION

2024

#67 - November/24
#66 - Oktober/24
#65 - September/24
#64 - Agustus/24
#63 - Juli/24
#62 - Juni/24
#61 - Mei/24
#60 - Apr/24
#59 - Mar/24
#58 - Feb/24
#57 - Jan/24
#56 - Des/23
#55 - Nov/23
#54 - Okt/23
#53 - Sep/23
#52 - Agu/23
#51 - Jul/23
#50 - Jun/23
#49 - Mei/23
#48 - Apr/23
#47 - Mar/23
#46 - Feb/23
#45 - Jan/23
#44 - Des/22
#43 - Nov/22
#42 - Okt/22
#41 - Sep/22
#40 - Agu/22
#39 - Jun/22
#38 - Mei/22
#37 - Apr/22
#36 - Mar/22
#35 - Feb/22
#34 - Jan/22
#33 - Des/21
#32 - Nov/21
#31 - Okt/21
#30 - Sep/21
#29 - Agu/21
#28 - Jul/21
#27 - Jun/21
#26 - Mei/21
#25 - Apr/21
#24 - Mar/21
#23 - Feb/21
#22 - Jan/21

PT Bank CIMB Niaga Tbk berizin & diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan serta merupakan peserta penjaminan LPS

Disclaimer: Website ini dibuat dan dikembangkan oleh pihak ketiga (5thAvenue), tidak terkait dengan IT CIMB NIAGA. Jika ada permasalahan dalam website ini, silahkan menghubungi 5thAvenue