• > #teamCIMBNiaga | Pojok CINTA

  • EDISI 51

    Juli 2023


DEVI FITRIANTI OLEH
DEVI FITRIANTI
Audit Data Analytics
Assurance Sr. Specialist

Menyoal
Menyoal RISIKO BIASNYA
Penerapan AI


Ada yang senang, ada yang khawatir. Apa yang perlu dicermati dari merebaknya AI?


Pojok CINTA
ILUSTRASI: storyset.com
PADA TAHUN 2016, Microsoft meluncurkan chatbot bernama Tay, yang dirancang untuk belajar dari interaksi dengan pengguna di media sosial. Namun, dalam waktu 24 jam setelah peluncurannya, Tay menjadi bot yang rasis dan seksis karena bias yang ada dalam bahasa yang digunakan oleh penggunanya.

Ini adalah salah satu contoh bias dalam dunia Artificial Intelligence (AI)—dalam hal ini adalah masalah etika dan regulasi, sebuah risiko yang perlu diwaspadai. Bias dalam AI dapat terjadi ketika data yang digunakan sebagai basis pengambilan keputusan tidak memadai atau tidak mencakup keragaman populasi yang diwakilinya. Akibatnya, keputusan bisa menjadi tidak adil dan diskriminatif.

Risiko lain dalam AI adalah soal privasi data. Kasus Cambridge Analytica pada 2018 menjadi contoh besarnya. Waktu itu terjadi kebocoran atas data jutaan pengguna Facebook untuk kepentingan pemilu presiden AS.
Kasus-kasus tersebut—dan juga banyak kasus yang lain—memicu tuntutan dibuatnya regulasi untuk mengatur dan memastikan penggunaan AI secara lebih bertanggung jawab dan penuh etika. Misalnya, Regulasi Perlindungan Data Umum Uni Eropa (GDPR) menetapkan aturan ketat seputar privasi data dan penggunaan data pribadi. Demikian juga Federal Trade Commission (FTC) AS yang mengeluarkan pedoman tentang penggunaan AI dalam periklanan dan pemasaran.

Indonesia menyusul kemudian, dengan disahkannya Undang-Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP). Aturan ini memberikan hak kepada pengguna untuk mengetahui dan mengontrol penggunaan data pribadi mereka oleh perusahaan. Hal ini dapat membantu melindungi privasi dan keamanan data pengguna.

Semoga dengan diberlakukannya regulasi berpayung hukum dalam pengembangan dan penerapan teknologi AI, kita semua sebagai pengguna mendapatkan manfaat yang lebih optimal, termasuk perlindungan hak privasi.

Contents

Juli 2023

EDISI
51

MODEL COVER(ki-ka):
KEZIA ABIGAIL RAMBU LIKA PALEKAHELU – Human Resources, IG @keziaarlp; NABILAH NINDITA PUTRI RUSMAN – Consumer Banking, IG @nabilahrusman; YOSUA ALBERTO PATTILIMA – Mortgage Developer Business, IG @joshpattilima

BACK EDITION

2024

#67 - November/24
#66 - Oktober/24
#65 - September/24
#64 - Agustus/24
#63 - Juli/24
#62 - Juni/24
#61 - Mei/24
#60 - Apr/24
#59 - Mar/24
#58 - Feb/24
#57 - Jan/24
#56 - Des/23
#55 - Nov/23
#54 - Okt/23
#53 - Sep/23
#52 - Agu/23
#51 - Jul/23
#50 - Jun/23
#49 - Mei/23
#48 - Apr/23
#47 - Mar/23
#46 - Feb/23
#45 - Jan/23
#44 - Des/22
#43 - Nov/22
#42 - Okt/22
#41 - Sep/22
#40 - Agu/22
#39 - Jun/22
#38 - Mei/22
#37 - Apr/22
#36 - Mar/22
#35 - Feb/22
#34 - Jan/22
#33 - Des/21
#32 - Nov/21
#31 - Okt/21
#30 - Sep/21
#29 - Agu/21
#28 - Jul/21
#27 - Jun/21
#26 - Mei/21
#25 - Apr/21
#24 - Mar/21
#23 - Feb/21
#22 - Jan/21

PT Bank CIMB Niaga Tbk berizin & diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan serta merupakan peserta penjaminan LPS

Disclaimer: Website ini dibuat dan dikembangkan oleh pihak ketiga (5thAvenue), tidak terkait dengan IT CIMB NIAGA. Jika ada permasalahan dalam website ini, silahkan menghubungi 5thAvenue