• > #teamCIMBNiaga | Pojok CINTA

  • EDISI 50

    Juni 2023


NANANG HARDHO JUNIARDHI OLEH
NANANG HARDHO JUNIARDHI
- CoE Corporate Assurance

FRAMEWORK APU-PPT
di Sektor Sistem Pembayaran Indonesia


Demi financial integrity, sekarang bank harus siap berbagi informasi dengan pihak lain.


Pojok CINTA
ILUSTRASI: storyset.com
UNTUK MENAVIGASI PERAN industri sistem pembayaran di era ekonomi dan keuangan digital, Bank Indonesia membuat Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025. Visinya dilaksanakan oleh working group yaitu open banking, Sistem Pembayaran Ritel, Sistem Pembayaran Nilai Besar dan Infrastruktur Pasar Keuangan, Data dan Digitalisasi, serta Reformasi Regulasi, Perizinan, dan Pengawasan. BSPI 2025 diwujudkan melalui 23 key deliverables yang akan diimplementasikan secara bertahap dari 2019 hingga 2025.

Salah satu visi SPI yaitu menjamin keseimbangan antara inovasi dengan integritas melalui penerapan KYC (Know Your Customer) dan AML-CFT (Anti-Money Laundering - Counter-Terrorist Financing), serta penerapan regtech dan suptech. Ini selaras dengan APU-PPT (Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme) di sektor sistem pembayaran yang bertujuan untuk mendukung tercapainya financial integrity di Indonesia, serta mewujudkan ekonomi dan keuangan digital. APU-PPT telah diterapkan untuk penyedia jasa pembayaran, baik bank atau non-bank.
Dengan akan adanya kewajiban keterbukaan data/informasi maka bank juga harus bersiap untuk berbagi informasi dengan pihak-pihak lain sesuai aturan. Data ke depan mungkin tidak akan menjadi aset eksklusif bank, namun akan memberikan kesempatan lain bagi bank, terutama dari sisi AML.

Penerapan prinsip kehati-hatian dapat diterapkan secara lebih menyeluruh mulai dari saat pembukaan rekening, dilanjutkan dengan analisa transaksi mencurigakan dengan melihat data dari internal bank dan data dari pihak lain. Regulasi dan ketentuan sistem pembayaran akan ditata secara lebih terstruktur, proporsional, forward looking, serta agile. Pada akhirnya hal ini akan membantu industri perbankan dan keuangan Indonesia untuk tumbuh secara sehat dan berkelanjutan.

Contents

Juni 2023

EDISI
50

MODEL COVER(ki-ka):
DINDA KARTIKA GUSTI – Consumer Banking, IG @dindakartikagw; ANDRI SAEPUDIN – Digital Network Banking, IG @andrishae; SYDNEY AMANDA RAMANDITA – Marketing Communications, IG @sydneyramandita

BACK EDITION

2024

#66 - Oktober/24
#65 - September/24
#64 - Agustus/24
#63 - Juli/24
#62 - Juni/24
#61 - Mei/24
#60 - Apr/24
#59 - Mar/24
#58 - Feb/24
#57 - Jan/24
#56 - Des/23
#55 - Nov/23
#54 - Okt/23
#53 - Sep/23
#52 - Agu/23
#51 - Jul/23
#50 - Jun/23
#49 - Mei/23
#48 - Apr/23
#47 - Mar/23
#46 - Feb/23
#45 - Jan/23
#44 - Des/22
#43 - Nov/22
#42 - Okt/22
#41 - Sep/22
#40 - Agu/22
#39 - Jun/22
#38 - Mei/22
#37 - Apr/22
#36 - Mar/22
#35 - Feb/22
#34 - Jan/22
#33 - Des/21
#32 - Nov/21
#31 - Okt/21
#30 - Sep/21
#29 - Agu/21
#28 - Jul/21
#27 - Jun/21
#26 - Mei/21
#25 - Apr/21
#24 - Mar/21
#23 - Feb/21
#22 - Jan/21

PT Bank CIMB Niaga Tbk berizin & diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan serta merupakan peserta penjaminan LPS

Disclaimer: Website ini dibuat dan dikembangkan oleh pihak ketiga (5thAvenue), tidak terkait dengan IT CIMB NIAGA. Jika ada permasalahan dalam website ini, silahkan menghubungi 5thAvenue