• > Corporate | Thought Leadership
  • EDISI 35

    Februari 2022

“THIS BABY BIRD IS STRANDED IN MY HOUSE, NEEDS TO SPEND THE NIGHT HERE. MAMA BIRD VISITED IN THE AFTERNOON BUT COULDN’T BRING IT WITH HER.”

KALAU KITA PERCAYA bahwa 'tidak ada kebetulan', maka kalimat di atas, yang dikutip dari caption salah satu feed post di akun Instagram milik Ibu Lani Darmawan, CEO CIMB Niaga, bisa jadi merupakan 'pertanda'. Beliau mendapatkan 'titipan' berupa seekor anak burung yang masih membutuhkan asuhan. Dan kini, alumni Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Jakarta ini, benar-benar mendapat 'titipan' yang lebih besar: CIMB Niaga. Kita tahu, Ibu Lani menggantikan CEO CIMB Niaga sebelumnya, Bapak Tigor M. Siahaan yang mengundurkan diri Oktober 2021 lalu.

Menakhodai bank swasta nasional kedua terbesar di Indonesia tentu tantangannya tidak main-main. Namun jika melihat rekam jejak Ibu Lani yang 'bukan main', tentu tantangan tersebut bakal dihadapi dengan mulus.

Beberapa waktu lalu PORTRAIT mendapat kesempatan spesial untuk berbincang-bincang dengan perempuan kelahiran Karawang, Jawa Barat, 20 April 1962 ini. Nah, baca deh sampai kelar, karena Rekan-rekan #teamCIMBNiaga akan tahu rencana dan impian Ibu Lani untuk CIMB Niaga, juga sekaligus tentang aktivitas keseharian beliau. Ada pula pesan beliau untuk kita semua. Seru dan inspiring. Asli!
Thought Leadership - Lani Darmawan
Bagi Ibu, apa saja prioritas kita dalam tahun 2022 ini?
Pertama, tentu kesehatan seluruh karyawan. Kedua, Semua action plan kita jalankan dengan saksama, melanjutkan tahun lalu yang sudah kita jalankan dengan sangat baik. Sisanya, tetap inovatif, semangat, dan penuh integritas. Ditambah, kita akan jalankan budaya baru, EPICC (Enabling Talent, Passion, Integrity & Accountability, Collaboration, Customer Centricity). Manajemen juga akan terus berkomitmen menjaga antusiasme staf dalam berkarya dan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk berkarier secara internal.

Tapi dengan kondisi eksternal saat ini di mana startup fintech dan digital banks begitu marak, apakah kita masih fit in di tengah kompetisi ini?
Ini adalah tantangan positif yang perlu banyak kreativitas. Untungnya, digitalisasi kita sudah oke, dan ini bisa menjadi modal untuk berkompetisi. Prinsipnya, posisi kita adalah coopetition. Cooperative competition, alias berkolaborasi dengan kompetitor. Kita menjadi settlement bank mereka sekaligus menjadi penyedia dana agar mereka bertumbuh. Tapi di sisi lain, kita juga berkompetisi dalam hal pelayanan dan produk.

Thought Leadership - Lani Darmawan
Untungnya kita sudah menjalankan Transformasi Forward23+ ya, Bu. Tapi sejauh apa ini bisa mendukung percepatan bisnis kita di 2022?
Transformasi yang — syukurlah — sudah kita canangkan dua tahun lebih itu, kan, bukan semata bisnis, tapi dari semua sisi. Baik proses, digitalisasi, the way we work, keuangan, manajemen, dan seterusnya. Ini memacu kita untuk bekerja dengan kolaborasi. Ini juga mendorong kita untuk lebih agile melihat peluang dan mendengarkan kebutuhan nasabah dan masyarakat luas. Ke depan tentu akan kita lanjutkan, karena bagi saya transformasi itu tak akan pernah berhenti.

Setuju, dan meski kondisi pandemi Covid-19 kembali memburuk seperti sekarang. Ibu ada pesan untuk kita semua menyikapi hal ini?
Kita sudah berhasil menghadapi pandemi dua tahun ini. Dan saya yakin ke depan kita juga bisa. Yang penting semua tetap saling mendukung dan saling mengingatkan untuk menjalankan prokes dan melengkapi dosis vaksin. Seiring dengan itu kita harus agile dan terbuka untuk cara kerja baru. Kita kan sudah punya Hywork sebagai sarana untuk bekerja di era new normal. Mari dimanfaatkan dengan baik.

Beralih ke personal side, apa saja yang Ibu sukai dalam keseharian?
Saya suka driving (menyetir). Ini terapeutik buat saya, karena saya bisa melihat sekeliling dan menikmati present moment. Selain itu saya juga suka yoga dan bermain piano. Keduanya juga terapeutik buat saya karena menenangkan.

So inspiring, Bu. Terakhir, apa pesan Ibu untuk pembaca PORTRAIT dalam menghadapi 2022?
Apresiasi yang tinggi dari saya atas kinerja staf selama dua tahun pandemi ini. Terima kasih sudah do the best. Saya yakin kalau bukan karena staf yang penuh semangat yang punya kepercayaan kepada CIMB Niaga tidak mungkin kita mencapai titik sekarang. Ke depan lanjutkan semangatnya, tingkatkan komunikasi dan kolaborasi, tetap jaga prokes, dan membangun mentalitas yang positif. Jangan lupa jalankan EPICC. It is really making sense! Yakinlah bahwa saya akan memberikan 100% dukungan terbaik untuk kita semua di CIMB Niaga.

Terima kasih, Bu. Sukses selalu.



BACK EDITION

2024

#64 - Agustus/24
#63 - Juli/24
#62 - Juni/24
#61 - Mei/24
#60 - Apr/24
#59 - Mar/24
#58 - Feb/24
#57 - Jan/24
#56 - Des/23
#55 - Nov/23
#54 - Okt/23
#53 - Sep/23
#52 - Agu/23
#51 - Jul/23
#50 - Jun/23
#49 - Mei/23
#48 - Apr/23
#47 - Mar/23
#46 - Feb/23
#45 - Jan/23
#44 - Des/22
#43 - Nov/22
#42 - Okt/22
#41 - Sep/22
#40 - Agu/22
#39 - Jun/22
#38 - Mei/22
#37 - Apr/22
#36 - Mar/22
#35 - Feb/22
#34 - Jan/22
#33 - Des/21
#32 - Nov/21
#31 - Okt/21
#30 - Sep/21
#29 - Agu/21
#28 - Jul/21
#27 - Jun/21
#26 - Mei/21
#25 - Apr/21
#24 - Mar/21
#23 - Feb/21
#22 - Jan/21

Disclaimer: Website ini dibuat dan dikembangkan oleh pihak ketiga (5thAvenue), tidak terkait dengan IT CIMB NIAGA. Jika ada permasalahan dalam website ini, silahkan menghubungi 5thAvenue