Manajemen Waktu Kita?
SERING MERASA tak pernah cukup waktu untuk mengerjakan segala sesuatu? Yuk, coba kuis ini untuk mengetahui seberapa bagus — atau buruk — nya kita mengatur waktu. Simak juga kiatnya untuk membantu kita mengatasi masalah time management.
*FOTO: ISTOCKPHOTO.COM
> Instruksi:
Lingkari angka pada kolom yang sesuai dengan diri kita, lalu jumlahkan untuk mendapatkan skor.
|
PERTANYAAN |
TSS |
JR |
KK |
SE |
SS |
|
Saya mengerjakan tugas-tugas yang punya prioritas tinggi. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
Saya menyelesaikan tugas-tugas di menit terakhir, atau meminta tambahan waktu. |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Saya sempatkan diri untuk menyusun perencanaan dan penjadwalan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
Saya tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berbagai tugas yang saya kerjakan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
Saya sadar berhadapan dengan berbagai masalah. |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Saya menentukan tujuan untuk tugas dan aktivitas yang harus dikerjakan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
Saya tidak menyiapkan waktu cadangan di dalam jadwal saya untuk menghadapi kemungkinan yang tak terduga. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
Saya tahu prioritas tugas-tugas saya tinggi, sedang, atau rendah. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
Saya menganalisa tingkat kepentingan dan prioritas tugas-tugas yang saya terima. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
Saya stres berhadapan dengan deadline dan komitmen. |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Gangguan membuat saya tidak bisa mengerjakan tugas-tugas penting. |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Saya membawa pulang pekerjaan untuk menyelesaikannya. |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Saya memprioritaskan to-do list atau action program saya. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
Saya mengonfirmasikan prioritas tugas dengan bos saya. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
Sebelum tugas saya ambil, saya cek apakah hasilnya sepadan dengan waktu yang dihabiskan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
TIDAK SAMA SEKALI (TSS) JARANG (JR) KADANG-KADANG (KK) SERING (SE) SERING SEKALI (SS)
> Total Skor
15 - 30
PARAH. Segera perbaiki keterampilan manajemen waktu kita. Masih ada peluang besar untuk meningkatkan efektivitas kerja kita dan mencapai sukses kelak.
31 - 45
LUMAYAN. Tapi dalam beberapa hal kita harus perbaiki, seperti goal setting dan menentukan skala prioritas. Ini akan mengurangi tingkat stres kita.
46 - 75
MANTAP. Kita sudah mampu mengelola waktu secara efektif. Harus dipertahankan, jangan sampai kendor, dan selalu melakukan evaluasi.
> Apa, Sih, Perlunya…?
Goal Setting.
Ketika tahu arah yang kita tuju, kita bisa menentukan apa yang harus kita lakukan. Tanpa tujuan yang tepat, kita bisa kebingungan membuat prioritas banyak pekerjaan.
Skala Prioritas.
Tanpa skala prioritas, kerja keras kita tidak akan mencapai hasil yang diharapkan. Bisa jadi, tugas yang lebih penting justru tidak selesai dikerjakan.
Manajemen Gangguan.
Gangguan selalu ada selama kita bekerja. Panggilan telepon, rekan kerja minta bantuan, atau kegiatan lain yang tiba-tiba diadakan. Tidak semuanya harus kita kerjakan, tapi yang pasti kita harus bisa mengelolanya.
Tidak Menunda Pekerjaan.
Jika kita menunda-nunda pekerjaan, maka kita akan menghadapi tumpukan tugas yang sudah pasti bakal memberatkan kita nanti.
Penjadwalan.
Membuat jadwal kerja yang sesuai dengan skala prioritas membuat kita tetap pada jalur dan melindungi diri kita dari stres.
> Ini Kiatnya agar Tak Selalu Bilang, ‘Gak Ada Waktu’
1.
Dahulukan menyelesaikan tugas-tugas yang lebih penting. Dengan begitu waktu yang kita punya akan tertata secara lebih efektif dan efisien.
2.
Tetap fokus pada tugas yang sedang kita kerjakan, dan berani bilang “tidak” untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Menengok marketplace, nonton gosip, atau menanggapi chat, bisa membuang-buang waktu kita mengerjakan tugas penting.
3.
Menjaga pola tidur. Percuma kita begadang mengerjakan tugas kalau akhirnya kesehatan kita jadi terganggu dan kita tidak bisa mengerjakan tugas lain yang menunggu.
4.
Jangan menunda-nunda mengerjakan tugas. Jika jadwal kerja kita padat, sebaiknya kita selesaikan dulu tugas dengan deadline terdekat.
FOTO: FREEPIK.COM