Pandemi Covid-19 mendorong CIMB Niaga mengembangkan VR Training Program yang ternyata mengasyikkan.
YUP, VR (VIRTUAL REALITY) TRAINING di CIMB Niaga jauh dari membosankan dan sekaligus tetap efektif meski tanpa bertatap muka langsung. Chief HR Officer CIMB Niaga, Bapak Joni Raini, menyatakan, VR Training terasa menyenangkan karena menggunakan perangkat VR sehingga mirip dengan bermain game. “Dan yang terpenting, berkat penggunaan perangkat VR, karyawan dapat merasakan perspektif pihak tertentu, lewat simulasi di dunia digital,” katanya.
Pak Joni menambahkan, setidaknya ada tiga kelebihan yang dapat dinikmati dari metode ini ketimbang program training yang sudah ada selama ini, yaitu:
YUK, MAKSIMALKAN KESEMPATAN
Saat ini tersedia dua modul yang sudah diuji coba, yakni modul tentang tata cara pembukaan rekening (Account Opening) serta penanganan keluhan nasabah (Complaint Handling). Modul-modul tersebut sangat cocok bagi para front liners cabang (tim Customer Service) di cabang yang berhubungan langsung dengan nasabah maupun calon nasabah.
Karyawan yang mengikuti VR Training Program disesuaikan dengan modul yang relevan. Misalnya, modul tentang Opening Account hanya dapat diikuti oleh Customer Service, namun modul soft skills bisa diikuti oleh semua karyawan karena bersifat umum. “Bagi rekan-rekan front liner yang telah memiliki kesempatan untuk melakukan pembelajaran menggunakan VR,” Pak Joni berpesan, “maksimalkan kesempatan tersebut untuk mengasah pengetahuan, keterampilan dan sikap layanan, sehingga dapat memberikan customer experience yang positif kepada nasabah.”
Nah, buat rekan-rekan yang menginginkan VR Training Program lain, yang spesifik sesuai job desc, jangan khawatir. Ke depan CIMB akan terus mengembangkan jenis modul maupun jumlahnya, agar semua karyawan memiliki kesempatan yang sama.
Pak Joni memberi bocoran, “Kita sedang menyiapkan modul untuk sales, service, juga menambah modul soft skill yang dapat berlaku umum bagi semua karyawan.” Dirinya berpesan kepada yang belum mendapat kesempatan untuk bersabar. CIMB Niaga akan terus mengkaji agar pembelajaran dapat berlangsung dengan standar kualitas yang sama, bahkan lebih baik daripada secara tatap muka. “Tunggu kehadiran VR Training Program selanjutnya!” ujar Pak Joni.
Disclaimer: Website ini dibuat dan dikembangkan oleh pihak ketiga (5thAvenue), tidak terkait dengan IT CIMB NIAGA. Jika ada permasalahan dalam website ini, silahkan menghubungi 5thAvenue